ya,,,,,,,,,,,,,,,
omong punya omong motor jenis ini ga ada matinya ,, baik motor itu asli pabrikan atau mungkin motor biasa yang di modifikasi menjadi trail,
baik kali ini admin ulas untuk modifikasi trail..
rangka bawaan di potong dan di tambah, maksudnya di potong untuk bagian buritan dan di tambah untuk bagian tengah,,
kemudian totalitas bikin rangka baru dengan tidak sedikitpun menggunakan frame bawaan ( hanya saja metode ini jarang diminati mengingat biaya yang cukup lumayan )...
kunci paling utama dalam teknik perombakan frame adalah tidak merubah sudut mesin, jika sudut mesin sudah mengalami perubahan sudut, akan banyak kendala nantinya.
kendala yang kelihatan mata yaitu tidak ada titik temu antara sproket depan dan sproket belakang,, dan yang tidak sekaligus tampak yaitu umur part yang ada dalam mesin,, dikarenakan kemiringan mesin sudah berubah dari setelan pabrikan yang mana sudah di per hitung kan antara titik kruk - as, titik gerafitasi, keseimbangan dan masih banyak lainnya..
jadi saran admin jika mau me modifikasi frame hendaknya di per hitungkan masak - masak hingga , nanti hasil bisa di dapat sesuai yang di harapkan,, begitu juga faktor keamanan dan kenyamanan saat di kendarai nya..
dalam pemilihan material besi nya pun baik unutk pembuatan maupun untuk penambahan hendaknya
dengan bahan yang kuat dan enteng / ringan agar nantinya ketika sudah menjadi frame tidak gampang patah, bengkok juga tidak terlalu berat unutk ukuran tonase sebuah frame / kerangka..
begitu juga dengan teknik pengelasan usahakan rapat tidak berongga dan tidak terlalu tebal,,
dikarenakan persepsi masing - masing modifikator pastinya tidak selalu sama..
asumsi publik umumnya yang penting bertenaga..
nah dengan alasan itu lah maka akan berbeda - beda dalam penanganan modif jeroan mesinnya,,
dan yang tidak kalah penting yaitu pada suspensi baik depan atau pun belakang...
untuk suspensi depan gunakan suspensi model garpu tala dan panjang as usahakan lebih panjang dari pada aslinya ( sebelum di modif ), jika memang memungkinkan gunakan up side down.
dan untuk suspensi belakang sobat pilih pegas dengan ulir yang panjang juga usahakan menggunakan unitrex untuk pegas nya sendiri jangan terlalu lembek atau kenyal karna motor gampang naik turun yang ada buat jalan oleng saat di tikungan atau ketika angkat2 an mau jalan tetapi jangan pula terlau keras nanti malah remek tuh badan,,, dengan kriteria tadi akan sangat lebih bisa meredam kejut ketika di kendarai, selain itu umur suspensi juga akan bertahan lebih lama.
omong punya omong motor jenis ini ga ada matinya ,, baik motor itu asli pabrikan atau mungkin motor biasa yang di modifikasi menjadi trail,
baik kali ini admin ulas untuk modifikasi trail..
- dari sisi frame ( rangka )
rangka bawaan di potong dan di tambah, maksudnya di potong untuk bagian buritan dan di tambah untuk bagian tengah,,
kemudian totalitas bikin rangka baru dengan tidak sedikitpun menggunakan frame bawaan ( hanya saja metode ini jarang diminati mengingat biaya yang cukup lumayan )...
kunci paling utama dalam teknik perombakan frame adalah tidak merubah sudut mesin, jika sudut mesin sudah mengalami perubahan sudut, akan banyak kendala nantinya.
kendala yang kelihatan mata yaitu tidak ada titik temu antara sproket depan dan sproket belakang,, dan yang tidak sekaligus tampak yaitu umur part yang ada dalam mesin,, dikarenakan kemiringan mesin sudah berubah dari setelan pabrikan yang mana sudah di per hitung kan antara titik kruk - as, titik gerafitasi, keseimbangan dan masih banyak lainnya..
jadi saran admin jika mau me modifikasi frame hendaknya di per hitungkan masak - masak hingga , nanti hasil bisa di dapat sesuai yang di harapkan,, begitu juga faktor keamanan dan kenyamanan saat di kendarai nya..
dalam pemilihan material besi nya pun baik unutk pembuatan maupun untuk penambahan hendaknya
dengan bahan yang kuat dan enteng / ringan agar nantinya ketika sudah menjadi frame tidak gampang patah, bengkok juga tidak terlalu berat unutk ukuran tonase sebuah frame / kerangka..
begitu juga dengan teknik pengelasan usahakan rapat tidak berongga dan tidak terlalu tebal,,
- sisi mesin
dikarenakan persepsi masing - masing modifikator pastinya tidak selalu sama..
asumsi publik umumnya yang penting bertenaga..
nah dengan alasan itu lah maka akan berbeda - beda dalam penanganan modif jeroan mesinnya,,
- pengapian
- suspensi
dan yang tidak kalah penting yaitu pada suspensi baik depan atau pun belakang...
untuk suspensi depan gunakan suspensi model garpu tala dan panjang as usahakan lebih panjang dari pada aslinya ( sebelum di modif ), jika memang memungkinkan gunakan up side down.
dan untuk suspensi belakang sobat pilih pegas dengan ulir yang panjang juga usahakan menggunakan unitrex untuk pegas nya sendiri jangan terlalu lembek atau kenyal karna motor gampang naik turun yang ada buat jalan oleng saat di tikungan atau ketika angkat2 an mau jalan tetapi jangan pula terlau keras nanti malah remek tuh badan,,, dengan kriteria tadi akan sangat lebih bisa meredam kejut ketika di kendarai, selain itu umur suspensi juga akan bertahan lebih lama.
No comments:
Post a Comment