pembahasan kali ini admin coba mengulas permasalahan kopling... hanya kali ini admin fokoskan ke bagian luarnya ya... bukan untuk oplek2 kopling bagian dalam.....
kabel kopling................. okeh.. ini bagian terluar dari kopling yang jarang pada di bahas tentunya....
tetapi justru di katagorikan bagian terpenting pula untuk bagai mana plat2 kopling pada cluth outher only itu bergerak membuka dan menutup..
nah penyakit yang kerap timbul pada kabel kopling pada umumnya berat / keras saat di tarik bak mancing mania ketika streeeeeeeek.... atau mungkin gampang putus.........
dan biasanya bengkel hanya meng akali di kasih pelumas oli baru / bekas pada kabel kopling.. memang sedikit membantu agar tidak gampang putus juga ga terlalu berat...
lebih praktis wal hasil simple lagi bengkel biasanya langsung menawarkan untuk di ganti saja..
memang keduanya sedikit merubah keadaan .... tetapi jika penyebabnya belum di basmi ya tidak menutup kemungkinan akan berulang penyakit yang sama....
kalo yang sudah berkali kali admin lakukan sih " merubah panjang tuas bawah ''..
ane kasih sampel pada motor generasi GL .........
generasi GL tuas bawah ada di sebelah kanan, terletak di bag luar bak kopling deket engkol slahan,,,, (ujungnya kabel kopling ).. nah kalo yang admin lakuin di potong ,, kemuduan di sambung plat lebih kurang 1 s/d 1,5 cm (upayakan yang memiliki ketebalan sama )..
kemudian kabel kopling dilepas dari motor dan di masukin bensin di kawatnya sembari di tarik ulur biar kotoran keluar semua.... jika yakin sudah bersih... semprot pake angin compresor ya sob biar kering,, baru di masukin oli,, bagusnya sih yang baru,,, paling2 satu sendok makan... baru dah kita pasang.. ringal di setel saja tuh biar pas,,,
dan untuk motor king,,, tusa bawah ada di bok magnet.. musti di lepas dulu sob boknya biar kelihatan... jika sudah kebuka lepas kabel, per dan kancing nya.
tuas di panjangin 1 s/d 1,5cm upayakan pake plat yang memiliki ketebalan yang sama....
oh iya sob,, pemanjangan plat menggunakan las listrik ya, jangan coba2 pake lem..
selanjutnya bersihkan kabel kopling kaya contoh di generasi GL,, tinggal di asng lagi seperti semula,,,, nb kusus king jika tuas sudah bertambah ukuran sedikit di tekuk kedalam ya sob,, biar ga nyangkut ke gir depan atau rante nantinya..
saat penyetelan di akuratkan biar pas,, jangan terkecoh,, nanti mentang2 enteng terlalu nonjok stelanya malah jadi ngeg antung tuh plat koplingnya,,, wal hasil malah kopling gosong karna setengah kopling mulu.........
metode tadi bisa di apliikasikan ke semua motor yang menggunakan kopling manual......
gimana sob,,, penasaran silahkan mencobannya yah...
semoga berhasil...
kalo berhasil jari jadi ga kapalan tuh,,,,, abis enteng si maahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh...
No comments:
Post a Comment