expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

18/02/2016

CVT

ngomongin CVT tentunya ngomongin motor matik....

kali ini admin ulas tentang CVT,, tetapi untuk harian yah sob,,,,
di masing - masing produk metik yang ada sudah barang tentu CVT akan ada perubahan ukuran, meskipun cara kerjanya sama, perbedaan itu terletak di besar, bobot dan material mentah pastinya,,,
begitu juga roller ,, sudah pasti akan berbeda -beda ukuran dan beratnya,,,
pegas pun demikian juga,, ada yang panjang pendek, besar kecil,, semuanya sudah barang tentu pabrikan memiliki hitungan sendiri - sendiri.. begitu juga para montirawan dan montirawwati,,,,
CVT sangat berpengaruh pada RPM,,, seperti halnya jika roller sudah tidak lagi berbentuk drumm silinder,, jangankan kotak,, oval sedikit saja sudah ngeselin,, apa lagi kampas CVT jika sudah mulai terkikis atau mungkin keras beeeeeeeeeeeeeehhhhhhhhhhhhhhhhh...
mangkuk CVT pun demikian ,,, jika sudah mulai terkikis woooowww,, ngejengkelin sob...

oh iya... meskipun oprek2 CVT ,,  barang tentu tidak menguras kantong yah,,, karna yang akan admin ulas hanya sekedar untuk harian, jadi ga perlu ada penggantian part...

yang harus sobat lakukan
1 bongkar bok cvt
2 lepas mangkok roller
3 lepas mangkok + kampas
4 lepas / pisahkan kampas dengan pegas
jika sudah terlepas semua,,
sobat lobangin mangkok CVT sebesar lidi tusuk gigi sebayak 3 titik berbaris miring dan buatlah 5 baris melingkar di sekeliling mangkok,, jika sobat ga mau repot atau mungkin peralatan kurang mumpuni alias tidak punya bor nya,, sobat bawa aja ke tukang bubut yah...
hanya perlu di iingat juga di wanti2,, jangan sampe mangkok CTV jadi bergelombang atau oval entah karena kena tekan mesin bubut atau kena tekanan tanggem saat proses pelubangan tadi.. karena jika sampai mangkok bergelombang atau oval ,, mangkok sudah tidak lagi bisa di gunakan kalopun di paksa pake di jamin nanti larinya endut2tan atau kampas akan gampang terkikis habis..
jika sudah selesai prose pelubangan,, sobat ukur kerenggangan jarak kampas ke mangkok,,
usahakan kerenggangan hanya 0,5 mili atau setengah mili atau maksimal 1,0 mili.. jika kampas sudah mulai rada jauh.. kampas ga usah di ganti ( sarat nya jika kampasnya masih ada, jika tinggal besinya ya buang saja )..
nah cara ngerapetin nya gimana..
sobat lepas kampas dari rumahnya,, lepas dulu ketiga pegas yang ada juga kancingnya..
jika karet sudah keras atau mati mending di ganti,,tapi kalo masih bagus ya di pake lagi,, kemudian sobat tambah daging di setiap ujung besi pada kampas ( untuk tebal tambah dagingnya sobat ukur sendiri yah,, karna sudah bisa di pastikan akan berbeda - beda,, ) yang penting nanti ngedapetin jarak kerenggangan 0,5 mili antara jarak kampas ke mangkok.
jika sudah presisi,, tinggal semua di pasang lagi,,
ohnya,,, ni ceritanya mumpung lagi di bongkar jika vanble atau roller sudah tak lagi layak ya biar ga bolak balik bongkar mending di ganti sekalian,,
untuk roller pake setandar saja begitu juga kampas,ataupun pegas nya,, karena ini untukk harian juga motornya setandar...

mungkin sedikit jabaran,, kenapa mangkok di lubangin,, alasanya antara lain ;;;
1 meminimalis endapan debu hasil dari gesekan antara kampas dengan mangkok
2 karena berlobang dapat dipastikan cengkraman lebih kuat,, bisa di lihat seperti piringan cakram rem
3 blaaaaa - blaaaaaa ( hehe masih banyak sih kalo di ulas semua ) yang penting intiya seperti itu lah..

okeh sob selamat mencoba,, mudah - mudahan berhasilllll

NB lagi,,, untuk memastikan apakah konten2 dari otokejawen bermanfaat atau tidaknya di mohon untuk aspirasinya memberikan saran atau apalah di komen.... agar kedepan admin bisa mengulas lebih banyak konten2 perihal otomitif,, jika perlu admin sertakan foto2 atau vidio di setiap pembahasan..

No comments:

Post a Comment