pada umumnya stel klep di lakukan oleh mekanik, tetapi apa salahnya sobat bisa coba sendiri sambil belajar getooooooooooooo.....
okeh di kesempatan kali ini admin sedikit mengulas tentang cara setel klep pada kuda besi sobat...
langkah awal buka baud tutup klap kalo sobat punya konci tutup klep dah clopppp dah,, tapi kalo ga punya ya pake konci sok ( alis konci yang gagah2an... )... untuk ukuranya seri yamaha vs honda lain yah,,, juga produk sisuka apa sisuki,, begitu pula kawasaki...... ya intinya beda2lah,, tinggal kalian sesuaikan saja,,
di lanjut buka baud tutup magnet + baud intip untuk melihat titik (( TMA + TMB))
TMA = titik mati atas dan TMB titik mati bawah,,,, kalo yang ga ada baut tutup magnet ya ga usah di bukain,,,
biar lebih yakin buka busi,,
nah sekarang letakan kunci sok atau konci T pada baud magnet ada yang pake baud 14 ada yang 17 juga ada yang 19 sobat atur sendiri ajah yoooooooooooooooh..
jika konci sudah klop sama baud magnetnya,, sekarang mulai putar perlahan kearah depan (lawan arah jarum jam ),,, sambil di intip tuh di lubang itip ,, apakah sudah di posisi TMA atau masih di TMB.... (yang kita gunakan yaitu TMA nya ),,,,
untuk lebih meyakinkan posisi di TMA ,, sobat goyang putar gagang konci yang ke baud magnet kedepan dan belakang,, jika sudah TMA platuk klep atau templar tidak lagi bergerak2..
agar lebig meyakinkan colok piston menggunakan lidi atau obeng kecil lewat lobang busi pastikan kubah piston ada di atas / di depan... biar lebih yakin lagi sobat pegang baud stelan klep kemudian di gerakan ke kanan dan kekiri,,,,(((( inget fokus yah,, jadi jangan kepikiran tentang bandung bergoyang,,,,,g,g,gg,g, lagi ,,,,kekanan dan kekiri )))) biasanya kalo sudah TMA baud klep di gerakin kanan kiri itu enteng......
jika sudah yakin bahwa sudah di TMA tinggal sobat pegangan baud setelan klep menggunakan jari telunjuk dan jempol saja,, kemudian tatik keluar + teken ke dalam kerulang,, di posisi itulah sobat bisa mengetahui apakah kondisi klep terlalu renggang atau terlalu rapat,, ( jika terlalu renggang biasanya timbul suara brisik ketika motor hidup,, sebaliknya jika terlalu rapat bikin motor berat lari,, dan jika rapetnya keterlaluan alias sudah sampe ngedorong biasanya malah justru motor ga mau hidup)>>>>>>>>>>>>..
untuk menyetel klepnya sobat siapkan konci klep umumnya berbentuk mirip konci L tetapi di tengah ujung konci tercetak bentuk kubah baud klap ( bentuk kubus ).. kemudian sobat juga siapkan konci kalo ga 8 ya konci 10,, karna ada yang pake baud 8 ada juga yang pake baud 10 ya seperti biasa sobat pas2sin ajah lah,,,,,,
nah ketika hendak ngendorin tuh baud setelan klep,, konci 8 atau 10 ring sobat masukan ke mur klep,, kemudian konci klep ( mirip L ) sobat pasin ke baud klepnya..
kunci klep di tahan kemudian konci 8 atu 10 saobat kerakin (putar) sampe kendor tuh mur setelan klepnya,, selamjutnya tinggal sobat atur baud klep ke posisi renggang atau posisi rapet,, jika sudah tinggal di kencengin,, caranya seperti ketika hendak ngendorin tadi hanya arah putaranya berlawanan arah saja...
beres dah,, tigal di pasangin lagi baud tutup magnet, baut tutup klep dll..
bunyikan motor stasioner saja,, jangan langsung di becek tuh gas nya,, takutnya sobat belum tau persis kondisi buyi klep setelah di setel ulang tdi....
jika sudah yakin aman tinggal di coba untuk gi geber,,,,
okeh selamat mencoba ya brooo.... semoga selamat sampai tujuan.........
No comments:
Post a Comment