expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

20/03/2016

anti guna - guna

malam brooooooooooooooo..

banyak hal yang berhubungan dengan kuda besi yah , baik dari mesin, body, kelistrikan dllll tentunya,,,
kali ini admin bahas masalah yang jarang dan tak lazim,,,,

"" MOHON JANGAN DI SALAH GUNAKAN ::'''


yang admin posting kali ini sebatas pengetahuan agar kita bisa menghindarinya,,
beberapa kali admin temui ketika masih berkecimpung di dunia perbengkelan,,,,
motor tiba2 mendadak mati, seher ngegim, stang piston patah dlll, dari semua tadi di atas ada yang memang usia part sudah kelewat umur, ada yang kurang perawatan ada juga yang karna di kerjain ,,,
untuk yang kelewat umur mungkin wajar lah yah brooooooooooo
kurang perawatan juga bukan hal yang mustahil jika tiba beberapa hal di atas terjadi secara titba2..
tetapi jika seher ngegim, stang piston patah dll terjadi tiba2 dikarenakan di kerjainn  wah ini mah sudah lain ceritanya....
ada beberapa kasus terjadi karena mesin di masukin bubuk amril ( bubuk besi untuk sekur klep ),,
jika oli mesin bercampur dengan bubuk tesebut,, wah benar2 berantakan brooo,, ya jika baru dinyalakan sobat berasa aneh , ada bunyi atau bawaan mesin ga enak langsung di tindak lanjutin mungkin belum begitu parah,,, tetapi jika sampe ngegim..... emmmmmmmmmmmmmmmm... jangan harap dah,,,, sudah di jamin pasti ancur berantakan tuh isi mesin,,,,
mulai dari laher kruk- as, stang , piston , noken dlll.. ciri2 nya mudah ko bro jika oli mesin tercampur amril., di sisa oli pasti masih ada sisa bubuk amrilnya,, jika di belah tuh mesin ketika di cuci dengan bensin tuh carter mesin pasti terlihat jelas di wadah sisa cucian ( limbah bensin sisa cucian )...


  1. jika oli di campuri air,,, ini tidak se extrim ketika di campuri dengan amril..karna butuh waktu ber-minggu2.. untuk ngerontokin tuh mesin,,, tetapi kalo pun ga sampe berminggu2,, jika air masuk ke ruang mesin, seklipun oli sudah di ganti tetep saja ada piranti atau part yang aus,,,,, ya tinggal nunggu waktu saja kapan akan di tangani atau lambat laun mesin hancur sendiri... ciri2nya oli menjadi putih susu,, bisa bau menyengat bisa tidak,, yang jelas ga mugkin bau harum.. ya kalo airnya air parvum nah kalo yang di campurin ari kencing gimana coba..........
  2. jika oli bercampur pisang,,, nah ini lumayan unik tapi admin pernah ngebongkar iya benar2 terjadi,,,awal2 nya tidak ada masalah ga bikin besisik di mesin justru bikin adem tuh suara mesin,,,, tetapi lambat laun mesin mulai berubah ,, sedikit demisedikit mulai kasar bunyinya ,, dikarenakan adanya penyumbatan di  bagian pompa oli,, yang menjadikna sirkulasi oli pada mesin terganggu,, bahkan malah bikin mampet total itu lubang pompa oli,, ya tidak di ragukan lagi mesin pastinya abruk,,ciri2nya ya kaya jus pisang ajalah bro gimanasih ujudnya.... hanya bedanya di jus di dalam mesin dan tidak menggunakan air melainkan menggunakan oli....
  3. ini yang luman kreatif.. yaitu menggunakan kecap.......wah kalo yang ini pelan tapi hasilnya bener2 biadab...mengingat kandungan gula dalam kecap yang cukup tinggi ,, jika di panaskan gimana tuh ditambah lagi campuran sari pati kedelai yang ada pada kecap,,, apa ga jadi lolipop apa gulali tuh......... cara kerja merusak mesinya memang tidak ekstrim,, juga tidak menimbulkan bebunyian yang aneh,,, tetapi jika kadar kecap yang di campurkan kedalam oli di kisaran 400ml, itu sudah luar biasa..ketika sudah mungkin berhari atau minggu,, otomatis sudah pulen tuh adonan antara kecap dengan oli,, nah gula tadi yang ada dalam kecap mulai munggumpal,,, dan mulai merusak semua part yang ada,,, tinggkat kerusakanya lebih parah dari semua ulasan diatas tadi,,, karena jika over panas mesin, di sebabkan mungkin jarak tempuh yang lumayan dan panas mesin overr,,, wahhh........... bisa di mungkinkan mesin meledak,, sekalipun tidak meledak,, mesua part total rusak,,


sekali lagi maaf brooo semua ulasan tadi bukan berniat untuk mengajari bagaimana kita ngerjain orang justru sebaliknya,, yaitu kita sedikit ada referensi mana tahu ciri2 diatas terjadi pada motor kita sendiri,,, ada pun kerusakan yang wajar patinya tidak ada sisa bahan perusak manakala mesin kita bongkar,,,
ya yang pastinya,, kita berbaik saja kepada semuanya,, entah teman, saudara , atau bahkan kepada orang yang ada disekitar entah kita kenal atau tidak pernah kita kenal.... toh ga rugi inih... malah kita semakin banyak teman atau sodara broooooooooooooo..
dan satu hal lagi parkir di tempat aman serta baut penutup oli sebisa mungkin dalam kondisi kencang..

ya kita tinggal di bumi broo,, kata orang tua bijak
" tanam jagung tumbuh jagung dan berbuah jagung pula"
ya itu pepatah kuno brooo...

jika kata fisikawan atau fisika wati sih
" gaya grafitasi "
dimana apapun yang kita lempar keatas pasti akan kembali kediri kita lagi,,,,,,
jika yang kita lempar kecil dan pelan ya kembalinya kecil dan pelan ,,,
tetapi jika kita lemparnya segede kebo dan kenceng ,,,, wah itu mah ati2 saja broooo...

salam satu aspal..............

intinya jika tidak mau dikerjain orang lain sebaiknya kita jangan pernah memulai dulu..