expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

10/03/2016

stel karbu standar

hai sob ,,,,
 kali ini kita ulas tentang setiing karbu,,, tetapi untuk setandar yah  ( maksudnya motor belum di oprek ).... alias motor masih setelan pabrikan...

untuk seting karbu...... sarat mutlak motor itu harus ada karbunya yah,,, bukan motor injek...
karna untuk stel iinjek musti pake alat kusus,, bukan lagi main feeeeeeeeeeleiiing..

baik ngomongin tentang karbu,, sobat musti sedikit tahu terlebih dahulu nama dan bagian2nya,, syukur sampe fungsinya.... karna kaburator atau karburasi memiliki puluhan bagian atau nama juga fungsinya masing masing..
ketika karbu sudah kebuka langkah pertama sobat lepas pelampung terlebih dahulu dan taruh di tempat aman,, kemudian sobat lepas pilot jet dann mainn jet,, mulailah di bersihkan bisa hanya mengandalkan bensin / pertamak dan kuas untuk menyapu kotoran baik kerak dll,, bisa juga menggunakan cairan kusus pembersih karbu,,, jika sudah di bersihkan akan lebih baik sobat semprot pake angin kompresor,,
dari semua bagian yang tadi sobat lepas kemuadian mulailah dirakit ulang lalu asangkan ke motor.
untuk setingnya,,, sobat nyalakan motor kemudian coba di pelintir tuh gas kebelakang..
pada saat menyetel sobat gunakan obeng min panjang ya kurang lebih 20 atau 30 cm an tujuanya untuk memudahkan saat mulai seting..
letakan obeng mint tadi di stelan angin gulir atau pelintir sampe mentok ke arah tutup ( maksudnya tutup,, baut setelan angin fungsinya persis seperti kran air buka dan tutup jika tutup bisa di artikan tidak ada agin masuk ).. kemudian perlahan di buka,, tetapi perlu di ingat titik tutupnya, karna titik tutup total tadi sebagai penentu berapa putaran untuk buka an..
untuk ukuran bebek honda 3,5 putaran dan untuk yahama 1,5 dan 2,5 putaran, untuk susuki 2,5 dan 3,5 putaran.
semisal sobat seting di bebek honda,, di titik awal tutup sobat mulai putar membuka 180 derajat admin anggap 1 x putar.. ( obeng ).. tinggal sobat ulangin sampe 3.5 putaran atau 180 derajat x 3 dan ,,,0,5 limanya di anggap 90 derajat,,,
untuk stelan pada bebek bebek lain kurang lebihnya sama cara kerjanya,,, jika sudah setel angin tingal sobat setel besar kecilnya langsam,, untuk setel besar kecilnya langsam sobat kira2 sendiri dah menurut selera,,, baut setelanya ada pada dinding skep karbu....
diatas admin gambarkan untuk setingan sedang ( pas pada pembakaran  karna pencampuran molekul air / cair " bensin" se imbang dengan O2 atau oksigen,,,
jika sobat mau seting basah tingaal angka2 diatas sobat kurangin 1 alias 2x 180 derajat ..
tetapi untuk jarak jauh lumayan boros,, kaloo untuk tenaga kelas harian standar mah sudah lumayan..
selain itu pembakaran pada busi hitam karna pebandingan cair dan oksigennya tidak rata,,,


okeh sob mudah 2han bermanfaat....
selamat mencoba,,,,
boleh kasih saran kritik yang membangun agar blog ini makin berbobot...

No comments:

Post a Comment