untuk motor bebek baik 2 atau 4 T yang tidak menggunakan kopling manual tentunya ada yang namanya piranti kopling ganda atau otomatis kopling,,,,
letaknya di sebelah kanan mesin dan masih nyambung dengan as bandul ( kruk as)..
kampas ganda biasanya ada tiga batang bentuknya hampir mirip dengan kampas rem belakang tentunya yang bukan cakram yah... selain itu ada karet untuk peredam sekaligus sebagai roda / rel dari kampas tersebut untuk maju / mekar dan mundur / menutup, selain itu ada cage dan pelor, untuk cage dan pelor tentunya setiap pabrikan motor berbeda titik pelor dan jumlah pelor pun berbeda2 selain itu ukuran juga berbeda..
tidak sedikit dari pengamatan admin,, jika motor mulai melemah di karena kan selip di bagian kopling, kemudian memutuskan untuk ganti kampas kopling,, padahal kalo menurut admin selip ga nya motor tersebut 75% di bagian kopling ganda / primer dan 25% di kompas kopling sekunder, lebih bagus kalo di ganti itu bukan hanya di sekunder saja melainkan di primer juga musti nya,
nah untuk penggantian di bagian primer biasanya selain kampas primer dan 3 karet peredam juga musti di barengi dengan mangkoknya,,
tetapi ada metode lain agar lebih irit yaitu dengan cara di tambah daging di bagian mangkoknya kemudian untuk kampas-nya saja yang di ganti... sebelum di tambah daging amdin sarankan sobat ganti terlebih dahulu kampasnya kemudian di ukur kerenggangan jarak antara kampas dengan mangkoknya,, karna semakin mepet semakin bagus, yang penting jangan nyangkut atau seret yah,, nah setelah di tentukan seberapa tebal untuk tambah daging, baru sobat masukin ituh manggkok kopling ke bubutan,. dengan metode tambah daging admin jamin bisa pangkas biaya jauh... kemudian untuk kampas sekundernya sobat silahkan di cek ulang menggunakan alat ukur untuk mengetahui ketebalan agar tidak nafsu untuk main ganti dan todak ada kata mubazir,, jika memang masih layak ,baik bentuk dan ukuran ketebalannya berarti tidak perlu ada penggantian..
oh iya sob ,, saat pemasangan cage di mangkok kopling ganda musti hati2 yah,, karena ada pelor juga per yang lumanyan bikin extra sabar,, jika memang sedikit kesusahan sobat akalin saja dengan perekat bisa dengan minyak rambut yang berbentuk jeli padat atau dengan stemfeat, biasanya sedikit banyak sangat membantu.. juga jangan sampai kebalik ya brooo,, jika jage kebalik dapat di pastikan kopling tidak berfungsi,,,
Mas, jumlah per kecil yg ada di cage mangkok kopling ganda Vega ZR itu ada berapa yah? Sy bongkar koq cuma ada 1 yah. Makasih
ReplyDeleteklo udah di rombak,klos apa msih,perlu pke mimis ganda gan
ReplyDeleteMas,saya sudah ganti kampas ganda motor vega zr kok ada suara sperti gesekan,tolong infonya..
ReplyDelete