expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

07/04/2016

KINERJA OLI PADA MESIN

untuk semua jenis mesin oli sangat lah wajib hukumnya,,,
iyah.. selain sebagai pelumas oli juga berfungsi sebagai pendingin, maka dari itu admin sarankan pilihlah oli menurut kualitas dan sudah benar - benar teruji, jangan berpatok pada iklan atau mungkin tergiur oleh miringnya harga.

pada mesin 4t selain kualitas, juga mesti di perhatikan umur oli atau jarak tempuh ,,
kalau menurut admin jarak tempuh itu yang agak relevan,, hanya saja di kota atau daerah tertentu mungkin untuk jarak tempuh kurang begitu tepat..di karena kan suhu udara dan kemacetan yang luar biasa dan semakin tahun semakin tidak bisa di hindari,,

oke sob, kita spesifik lagi untuk perbahasan tentang oli tadi.....
seperti sudah di singgung di atas oli merupakan sesuatu yang wajib bagi mesin,,
di dalam kinerja nya di dalam mesin lebih dari 75% oli merambah dan melumasi komponen yang ada.. dari ruang kopling, head, cop , gear box dll,, nah jika kita lihat sirkulasi aliranya,,
oli di saring di kemudian di hisap oleh gigi pompa oli dan kemudian di dorong ke saluran yang memang sudah di sediakan oleh pabrikan , sebagian melumuri gear box, sebagian ke bandul dan stang piston, dan piston itu sendiri, kemudian sebagian besar di arahkan ke bagian kop untuk melumasi pelatuk klep , noken as, dll yang ada di bagian kop,, kemudian karena sifat oli itu cair maka sebagaimana sifat dari pada benda cair yaitu selalu mengalir ke bagian yang lebih rendah yaitu kembali lagi ke tempat pe nyaring-an,, jika tidak ada pe nyumbat-an di setiap lubang ke beberapa arah tadi seperti di sebutkan, tentunya tidak ada masalah apa lagi jika volume oli sesuai standar yang di tentukan pabrikan, tetapi jika terjadi penyumbatan atau mungkin kinerja pompa oli tidak maksimal sudah dapat di pastikan akan terjadi masalah serius. selain noken as, platuk klep dan dinding piston mengalami aus dapat di mungkinkan stang piston juga akan terganggu kinerjanya bahkan bisa macet mendadak karena over head,, ketika sudah mencapai over head wooooooowww ga bisa di tawar lagi, dapat di pastikan banyak piranti yang mengalami kerusakan,, dan mau ga mau turun pastinya tuh mesin,,,
admin kasih cara mudah mengecek oli naik atau tidaknya..

  • langkah awal buka tutuk klep in,ingat hanya tutup klep in saja, ( jika di mesin rebah berarti klep yang di atas,, dan jika mesin berdiri berarti klep yang di belakang) dan untuk mesin seperti f150 sobat cek di pipa / saluran oil cooler.
  • kemudian hidupkan motor, gas perlahan dan lihat apah oli itu nyemprot atau tidak..
  • jika terjadi semprotan yang kenceng itu pertanda bagus, jika sedang musti adanya pengecekan di filter oli, dan jika tidak ada semburan sama sekali,, musti bongkar..
cara pengecekan seperti diatas sangat di anjurkan ketika selesai servis besar atau turun mesin,, untuk memastikan oli naik atau tidak,, karna banyak yang ketika habis turun mesin main pasang saja,, lupa atau males ngecek atau mungkin ga tau tata cara naik mesin, main geber ajah tanpa di cek terlebih dahulu,, ujung2nya oli tidak naik duakali kerja akhirnya,, iya mending kalo partnya ga aus nah kalo aus lagi gimana tuh urusanya............

oh iya untuk letak filter oli biasanya beda pabrikan beda tempat juga beda model penyaringanya,, untuk jejnis suzuki biasanya di sekitaran bak magnet atau ga jauh dari versleneng begitu juga honda gererasi GL, tetapi untuk generasi bebek honda dan yamaha biasanya di bawah kampas kopling..

No comments:

Post a Comment