jika sobat mengalami hal demikian ( pengapian hilang atau mati mendadak) baik dalam kondisi sedang di kendarai atau mungkin motor sudah posisi off lama ( lama tidak di hidupkan ), yang perlu sobat lakukan yaitu mengecek pengapian dengan seksama ( keseluruhan )..yaitu :
yaitu dengan cara copot kabel CDI yang menuju ke koil, kemudian sobat lakukan cara seperti pengecekan pengapian di busi + pengapian koil,, jika terjadi lompatan berarti CDI tidak ada masalah akan tetapi jika tidak terjadi lompatan maka langkah selanjutnya....
dari kelima kabel tadi berbeda - beda ya broo..
- cek pengapian di busi
- cek pengapian koil
- cek pengapian CDI
yaitu dengan cara copot kabel CDI yang menuju ke koil, kemudian sobat lakukan cara seperti pengecekan pengapian di busi + pengapian koil,, jika terjadi lompatan berarti CDI tidak ada masalah akan tetapi jika tidak terjadi lompatan maka langkah selanjutnya....
- cek pengapian pada spool
dari kelima kabel tadi berbeda - beda ya broo..
- 1 kabel dari poolser jika ada dua kabel berarti 1 psitif 1negatif
- 1 kabel dari gulungan ( lilitan CDI ) jika ada 2 berarti 1 positif dan 1 nya lagi negatif,, untuk mengenali lilitan CDI di tandai kawat tembaga menggunakan kawat yang halus atau kecil..
- 1 kabel dari gulungan untuk lampu dan jika ada 2 berarti 1 positif 1 negatif
- 1 kabel dari gulungan untuk ACCU jika ada 2 berarti 1 negatif
biasanya ada 5 kabel jika massa di jadikan 1 kabel
nah yang perlu sobat cek yaitu kabel positif dari gulungan CDI pada spool ( kabel dari spool yang menuju CDI , nah kabel itu sobat cek dengan cara seperti pengecekan pengapian pada koil dan CDI ..
jika keluar percikan arus maka spool ga ada masalah.
jadi ketika di cek secara sek sama sobat bisa mengetahui dengan pasti mana piranti atau part yang rusak dan musti di ganti juga mana part yang masih biak, selain tepat sasaran juga ujungnya ga boros karna penggantian hanya mengganti yang rusak saja....
No comments:
Post a Comment