expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

15/04/2016

mengatasi pengapian AC

jika sobat mengalami hal demikian ( pengapian hilang atau mati mendadak) baik dalam kondisi sedang di kendarai atau mungkin motor sudah posisi off lama ( lama tidak di hidupkan ), yang perlu sobat lakukan yaitu mengecek pengapian dengan seksama ( keseluruhan )..yaitu :

  • cek pengapian di busi
sobat lepas busi terlebih dahulu akan tetapi jika kondisi mesin dalam keadaan panas sebaiknya mesin di biarkan beberapa waktu untuk sedikit mengurangi panas,, tujuan nya agas drat busi yang ada pada kop tidak gampang slek... jika busi sudah terlepas sobat masukan busi ke cop busi (ujung kabel koil ) kemudian ujung busi di tempelin ke massa body atau logam pada motor tersebut ( baut, mur, kop mesin dll ) dan coba di starter / di selah  akan tetapi kontak dalam keadaan ON, dan jika busi tidak me mercik-an api langkah selanjutnya..

  • cek pengapian koil
untuk mengecek koil rusak atau mati atau mungkin masih normal, sobat tempelkan ujung kabel koil ke massa body motor tersebut,, akan tetapi kontak dalam kondisi ON, ketika ujung kabel koil sudah di tempelin ke massa body sobat star ter atau selah motor, jika ada lompatan arus maka koil tidak ada masalah tetapi jika tidak keluar lompatan arus maka langkah selanjutnya..

  • cek pengapian CDI
mengecek CDI sebenernya ada alat nya tetapi admin kasih sempel paling mudah saja tanpa perlu alat tambahan ini yang biasa di gunakan montir _ pinggiran ....
yaitu dengan cara copot kabel CDI yang menuju ke koil, kemudian sobat lakukan cara seperti pengecekan pengapian di busi + pengapian koil,, jika terjadi lompatan berarti CDI tidak ada masalah akan tetapi jika tidak terjadi lompatan maka langkah selanjutnya....


  • cek pengapian pada spool
pengecekan pada spool sobat musti pahami terlebih dahulu, karena kabel dari mesin ( spoll ) yang kemudian keluar kurang lebih ada 5, untuk warna biasanya beda pabrikan beda warna,,
dari kelima kabel tadi berbeda - beda ya broo..

  1. 1 kabel dari poolser jika ada dua kabel berarti 1 psitif 1negatif
  2. 1 kabel dari gulungan ( lilitan CDI ) jika ada 2 berarti 1 positif dan 1 nya lagi negatif,, untuk mengenali lilitan CDI di tandai kawat tembaga menggunakan kawat yang halus atau kecil..
  3. 1 kabel dari gulungan untuk lampu dan jika ada 2 berarti 1 positif 1 negatif
  4. 1 kabel dari gulungan untuk ACCU jika ada 2 berarti 1 negatif
biasanya ada 5 kabel jika massa di jadikan 1 kabel 
nah yang perlu sobat cek yaitu kabel positif dari gulungan CDI pada spool ( kabel dari spool yang menuju CDI , nah kabel itu sobat cek dengan cara seperti pengecekan pengapian pada koil dan CDI ..
jika keluar percikan arus maka spool ga ada masalah.
jadi ketika di cek secara sek sama sobat bisa mengetahui dengan pasti mana piranti atau part yang rusak dan musti di ganti juga mana part yang masih biak, selain tepat sasaran juga ujungnya ga boros karna penggantian hanya mengganti yang rusak saja....


No comments:

Post a Comment