pembahasan kali ini kita akan ulas tentang masalah laher / bering ,,,
sebenarnya laher dalam satu motor itu banyak banget,, dari laher roda, kruk as laher kopling dan masih banyak laher2 lainnya..
tetapi kali ini admin bahas tentang laher roda pada motor..
kalo motor dulu sebelum mulainya rame motor matik, untuk laher roda ada dua tempat yaitu laher roda depan dan laher roda belakang,, beda halnya dengan motor matik laher roda hanya ada di depan, walau sebenenrnya di matik ada laher roda belakang ada yang hanya satu biji ada juga yang 2 biji.
baik admin bahas untuk laher depan saja yah,,
laher roda tergolong jenis part yang jarang ganti walo sebenernya kerjanya sangat berat sudah muter juga menopang berat kendaraan... hanya saja jika motor di daerah pedesaan atau pun perkotaan yang jalannya banyak lobang,, biasanya laher gampang kena/ rusak.
untuk mengenali ciri2 laher yang rusak karena aus sangatlah mudah, yaitu stang berasa oleng baik kanan atau kiri, jika laher dalam kondisi kering ada bunyi - bunyi saat di bawa berkendara, jika dibiarkan as roda biasanya ikutan aus juga kampas cakram bekerja kurang maksimal..
kenapa kok larinya ke kampas cakram,,?
iya kampas cakram tempatnya sangat sepan alias mepet dan sempit,,, ketika roda mulai oleng otomatis piringan cakram ikut oleng,, dikarenakan tempatnya yang sangat sepan otomatis piringan cakram tanpa direm nyangkut2 ga rata ke kampas,,
cara mengganti laher depan
tetapi terkadang tidak jarang di jumpai kasus ketika kita ketok saat mengeluarkan laher,
kemudian laher terlepas tetapi hanya bagian dalam sisi as saja yang keluar dan butiran bola2 besi langsung ngambrak, alhasil body luar laher tertinggal di drum atau rumah laher,,jangan langsung panik mudah kok cara pemecahan nya............. sooooo jangan gunakan bara las walo sebenernya itu cara ter mudah. karena berakibat merubah kekerasan drum / rumah laher itu sendiri.. caranya pake obeng mint ukuran jombo diraba2 sekira sudah nyagkut ke body laher yang tertinggal kemudian ketok pake palu kalo belum keluar di ulang2 sampe berhasil memang musti sabar..
silahkakn di coba mudah2an sukses mengganti laher sendiri yah sob...
dan sekalian andmin kasih tips,,,
jika rumah lahar pada drum sudah lower ( kocak ), bisa di akalin ko brooo,,
bisa pake kain jeans bisa juga pake seng,,
caranya sobat potong kaleng memanjang ( se ukuran keliling total laher ) dan lebar se ukuran tinggi dinding laher hanya saja di kasih tambahan kurang lebih 3 mili,,
selanjutnya sobat masukin ke rumah laher dan di susul laher masuk, jika rumah laher tidak begitu longgar, pengganjalan menggunakan seng sebaiknya di bagi tiga titik alias tidak full di ganjel, karena jika ganjalnya terlalu sepan biasanya malah lahar ga mau bergerak alias muter,,
sebenarnya laher dalam satu motor itu banyak banget,, dari laher roda, kruk as laher kopling dan masih banyak laher2 lainnya..
tetapi kali ini admin bahas tentang laher roda pada motor..
kalo motor dulu sebelum mulainya rame motor matik, untuk laher roda ada dua tempat yaitu laher roda depan dan laher roda belakang,, beda halnya dengan motor matik laher roda hanya ada di depan, walau sebenenrnya di matik ada laher roda belakang ada yang hanya satu biji ada juga yang 2 biji.
baik admin bahas untuk laher depan saja yah,,
laher roda tergolong jenis part yang jarang ganti walo sebenernya kerjanya sangat berat sudah muter juga menopang berat kendaraan... hanya saja jika motor di daerah pedesaan atau pun perkotaan yang jalannya banyak lobang,, biasanya laher gampang kena/ rusak.
untuk mengenali ciri2 laher yang rusak karena aus sangatlah mudah, yaitu stang berasa oleng baik kanan atau kiri, jika laher dalam kondisi kering ada bunyi - bunyi saat di bawa berkendara, jika dibiarkan as roda biasanya ikutan aus juga kampas cakram bekerja kurang maksimal..
kenapa kok larinya ke kampas cakram,,?
iya kampas cakram tempatnya sangat sepan alias mepet dan sempit,,, ketika roda mulai oleng otomatis piringan cakram ikut oleng,, dikarenakan tempatnya yang sangat sepan otomatis piringan cakram tanpa direm nyangkut2 ga rata ke kampas,,
cara mengganti laher depan
- lepas baut as roda dan tarik keluar
- lepas roda ( set )
- conkel penutup laher yang terbuat dari karet di kanan dan kiri
- masukan bekas as roda yang tidak tepake dan ukuranya tidak lebih besar dari lubang laher. (saat memasuk kan as bekas, roda dalam posisi di rebahkan ) dan as masuk hingga menyentuh bibir laher paling bawah/ disangkutin hanya di bibir laher bagian dalam, kemuadian as di ketok sampe laher keluar.
- jika satu sisi laher sudah keluar tinggal getok sasi yang satunya dan paksa sampe keluar
- pasang laher baru, di rumah laher, ketok perlahan sampai rata
- pasang pipa as dan diteruskan pasang laher sisi yang satunya lagi
- jangan lupa penutup luar di pasang untuk menghindari air masuk atau debu dan pasir, pasang kembali pada motor,, beres dah,,,,,,,,,,,
- alangkah baiknya sebelum laher di pasang, ditamabahin pelumas lagi di bagian pelor2 nya menggunakan stamfat / fet, jika memang tidak punya ya gunakan minyak rambut jenis jelly padat juga ga apa.
- lepas baud setelan rem yang di ujung kawat rem menggunakan kunci 14, (boleh ring, pas atau T ) untuk model yamaha tinggal putar pake tangan saja
- lepas baud penahan rumah rem ( drum ) , umumnya menggunakan baud 12 tapi ada juga yang menggunakan baud 14
- lepas baud as roda untuk motor bebek ada yang menggunakan baud 17:14 ada yang 17:17 ada juga yang 17: 19...
- tinggal lepas lahar seperti metode pada cara lepas lahar untuk roda depan
- langkah awal seperti saat ganti lahar belakang
- lepas baud as drum sproket menggunakan konci 23/..............30 beda motor biasanya beda ukuran..
- keluarkan as drum sproket tinggal gati tuh lahar.
tetapi terkadang tidak jarang di jumpai kasus ketika kita ketok saat mengeluarkan laher,
kemudian laher terlepas tetapi hanya bagian dalam sisi as saja yang keluar dan butiran bola2 besi langsung ngambrak, alhasil body luar laher tertinggal di drum atau rumah laher,,jangan langsung panik mudah kok cara pemecahan nya............. sooooo jangan gunakan bara las walo sebenernya itu cara ter mudah. karena berakibat merubah kekerasan drum / rumah laher itu sendiri.. caranya pake obeng mint ukuran jombo diraba2 sekira sudah nyagkut ke body laher yang tertinggal kemudian ketok pake palu kalo belum keluar di ulang2 sampe berhasil memang musti sabar..
silahkakn di coba mudah2an sukses mengganti laher sendiri yah sob...
dan sekalian andmin kasih tips,,,
jika rumah lahar pada drum sudah lower ( kocak ), bisa di akalin ko brooo,,
bisa pake kain jeans bisa juga pake seng,,
- pake kain jeans
- menggunakan seng
caranya sobat potong kaleng memanjang ( se ukuran keliling total laher ) dan lebar se ukuran tinggi dinding laher hanya saja di kasih tambahan kurang lebih 3 mili,,
selanjutnya sobat masukin ke rumah laher dan di susul laher masuk, jika rumah laher tidak begitu longgar, pengganjalan menggunakan seng sebaiknya di bagi tiga titik alias tidak full di ganjel, karena jika ganjalnya terlalu sepan biasanya malah lahar ga mau bergerak alias muter,,