dimana2 motor hanya menggunakan dua jenis pengapian, kalo dulu pengapian yang ada menggunakan PLATINA ya karna pada saat itu teknologi belum secanggih ini, perubahan dari platina ke cdi mungkin karena dianggap kurang efisien dan hal lain yang menyebabkan musti ada perubahan dari platina ke cdi, selain kurang efisien platina bisa berubah2 titik, maksudnya jika terlalu panas dikarenakan motor di bawa perjalanan jauh atau ketika kena air ataumungkin ketika saat berkendara kena lubang jalan itu juga akan bergeser titik nya. maka dari itu mungkin kriteria tersebutlah yang menjadikan musti ada peralihan pengapian yang lebih praktis dan bersifat tetap yaitu CDI,,
sebelumnya admin sampaikan terlebih dahulu tentang menghilangkan cdi di motor king admin hanya melakukan sekali saja dan belum ada kesempatan lagi untuk mengulangi.
terus bagaimana caranya ?
iya memang sedikit rada ribet... tetapi kalo berhasil justru api pembakaranya sangat2 lah big jumbo...
a )) untuk langkah awal sobat lepas magnet
- di badan magnet terdapat paku / keling sebanyak 6 titik, sobat tandai terlebih dahulu pada magnet dengan tipe-x atau sepidol dan
- buatlah titik pada magnet lurus vertikal dengan spi magnet,,
- kemudian sobat lepas ke 6 paku kelingan tadi dengan memangkas menggunakan gerindera,
- setelah terlepas magnet di putar 180 derajat yang tadinya titik atas dirubah menjadi titik bawah
- kemudian sobat pantek lagi ke 6 kelingan tadi, dan pasang magnet pada motor. untuk masalah magnet sudah beres..
- (( jika ada tempat bubut yang lengkap alat2nya.. sobat bisa rubah titik spii magnet saja , di karenakan lebih praktis ketimbang membongkar paku magnet yang berjumlah 6 titik tadi ))
b )) langkah kedua
- sobat lepas cdi beserta colinya dan
- ganti kedua part tadi cukup menggunakan coil nija 2t lama alias ninja 2t pertama..
- sambungkan kabel2 nya untuk tahap ini beres
- untuk memaksimalkan sobat buka kubah kop dan papas maksimal 2ml,
- untuk kenalpot usahakan jangan gunakan yang model kolong, gunakan knalpot aslinya saja,, jika memungkinkan cukup di sodet saja,,
- kemudian untuk karbu sobat buka atur pelampung dan ganti main jet juga pilot jet untuk ukuranya sobat coba2 sendiri saja untuk ukuran..
jika sudah terpasang semua sobat uji pengapian dengan cara
- ujung kabel coil yang menuju ke busi di dekatkan ke bodi mesin dan percikan berbarengan saat slahan di genjot,,, perhatikan apinya pasti lebih besar,,, jika mrebet baik di atas atau di bawah sobat tinggal otak atik saja bagian isi karbu yaitu antara pelampung mainjet dan pilot jet...
kalo yang admin pernah ujikan berhasil, hanya saja waktu itu 3 bulan setelah pemasangan admin terbelit ekonomi ya mau ga mau si kuda besi admin tukar dengan yang muat di dompet,,
jadi tahan lama atau tidak nya racikan buang cdi admin kurang tahu,, karena admin hanya uij selama 3 bulan,,, tetapi selama tiga bulan setelah pemasangan tidak ada masalah alias aman-aman saja
nb :: jika pengin lebih maksimal intex dan out nya sobat serut lagi menggunakan pisau remer kurang lebih untuk 2ml dan outnya 1,6.. dan semua lubang di bagian belakang linner di serut usahakan jangan sampe terlalu halus ,, ya biasanya menggunakan bahasa kulit jeruk... jika kepalang tanggung gunakan PE 28.. tarikanya lebih WOW,,
baik jika sobat penasaran sokkkkk di praktekin saja...mudah2an berhasil
dan semoga bermanfaat..