semoga semua lagi di sehatkan ,,,, kaya admin ini lagi segar bugar......
baik postingan kali ini membahas masalah seputaran rem cakram pada motor untuk semua jenis motor yang ada di pasaran tanah air kita yah tentunya........
jika motor masih tergolong muda atau di tahun2 pertama untuk masalah rem cakram itu minim timbul masalah, terkecuali sobat memasang piranti tambahan atau mengganti minyak,,
masalah timbul yaitu adanya angin di selang minyak pada rem cakram biasanya terjadi ketika mulai adanya penggantian part baik itu minyak, kampas atau sil tuas, tetapi bisa juga muncul secara tiba2 ketika minyak rem habis, dikarenakan minimnya minyak yang ada pada tampungan mengakibatkan masuknya angin pada selang pompa tersebut,,, sebenernya mudah cara mengatasinya hanya saja kita terkadang keburu panik atau tidak mau repot juga ogah di repotkan yang ujung2nya di serahin ke bengkel terdekat atau bengkel langganan.
lalu caranya gimana untuk ngeluarin itu angin yang ada pada selang pompa ?
nih admin kasih tahu caranya..
admin sudah praktekan lebih dari 200 motor berbagai merek pabrikan motor..
cek terlebih dahulu dan prediksikan datangnya angin dari mana,, bagian mana yang musti di cek?
- buka penutup tabung oil yang berhimpitan dengan handle rem lihat persediaan oil apa masih ada,habis,sisa sedikit atau tanpa sisa,,jika habis,sisa sedikit atau tanpa sisa di mungkinkan angin masuk karena kehabisan oil
- lepas handle dari rimahnya, copot/congkel penutup luarseal master rem (masternya ga usah di copot cukup penutupnya saja ), jika basah minyak di mungkinkan adanya kebocoran pada seal master tersebut
- periksa baut pembuangan oil atau angin yang terletak pada kaliper/ kepala babi biasanya kalo ga baud 10 ya 8,,jika kendur bisa di mungkin kan itu penyebab juga ( kendur bikin ngocor minyak saat pengereman alhasil minyak habis angin masuk )
- jika terjadi pada nomor 1 berarti sobat tinggal ganti / tambahin minyak nya saja
- jika terjadi pada nomor 2 sobat musti ganti seal master usahakan yang ori atau aslinya saja jangan pake yang abal2 karena umurnya ga lama juga kenyamanan sangat berbeda, selain itu sobat juga musti ganti atau tambahin minyaknya.
- jika yang terjadi nomor 3 sobat cukup kencengin saja itu baud terus tambahin minyak
- pastikan seal sudah tidak ada masalah
- langkah pertama kendorin baut setelan minyak yang ada di kepala babi
- isi tabung minyak sampe penuh, biarkan mengalir keluar lewat baud buangan pada kepala babi (biar ga mubazir sobat siapin botol bekas minyak taruh di tetesan minyak yang keluar dari baud pala bay tady )
- jika keluarnya minyak dari baud tadi sudah mulai deras sobat tekan tuas rem sampe mentok berbarengan kencengin tuh baut buangan tadi sampai tidak keluar lagi minyaknya, jika sudah di pastikan baut kenceng, lepas secara extrim hanle rem tadi, minyak dari tabung segera meluncur memenuhi selang,
- kemudian tarik lagi sampe mentok handle rem dan tahan, kendorin baut buangan dan langsung kencengin lagi sampe benar benar tidak keluar minyak atau angin.
- biasanya cukup dua kali saja sudah oke,, tetapi kalo memang belu padet tuh handle saat ditarik alias masih ngempos,, sobat ulangin cara diatas tari ,buka dan tutup sampe benar2 padet.
selamat mencoba,,,,,,,,
semoga berhasil dan yang admin referensikan semoga bermamfaat.............
No comments:
Post a Comment