hallo sobat.....
semoga lagi dalam keadaan sehat semuanya ............
kali ini admin akan mengupas masalah servis besar pada motor karbu .... yang sudah bisa di pastikan bukan injek............
servis besar biasanya di lakukan secara berkala di kisaran 1th atau 14 bulan sekali...
dengan tujuan untuk mengecek atau menditeksi part2 yang usang juga sekaligus membersihkan ruang bakar tentunya,,,,,,,,
seperti kalau kita lihat dapur saja pada jaman pra sejarah mayaritas mengguakan tungku dan kayu bakar,, sedikit modern beralih ke minyak tanah yang tentunya sudah di sebut kompor dilanjut kemudian di tetapkan pemerintah menggunakan gas elpiji... selidik punya selidik semua peralatan masih tetap berbekas kerak,, hanya bedanya kalau jaman pra sejarah keraknya super tebal berbeda dengan yang sekarang,,,, begitu juga kendaraan sobat entah menggunakan premium atau pertamak sudah bisa di pastikan akan ada kerak di ruang bakar...
kerak pada ruang bakar ini lah yang menjadikan masalah diantaranya loyo nya kendaraan juga boros,,
kenapa bisa begitu..... ya kalau menurut admin hasil pengabutan dari karburasi berbentuk embun,, lah ketika ruang bakar penuh dengan kerak otomatis embun tersebut akan meresap ke kerak yang ada, jadi sebelum di bakar keburu ada penyusutan volume itu yang menyebabkan loyonya kendaraan juga boros...
untuk servis besar jika benar2 tidak ada kerusakan tidak begitu besar biayanya untuk penggantian part karena yang di ganti hanya paking TOP set saja, lain halnya jika servis besar dilakukan nunggu parah sudah bisa di pastikan akan banyak penggantian part,,,
caranya seperti apa ......... servis besar bisa dilakunkan sendiri tetapi kalau yang ga mau ribet atau belum mumpuni untuk bongkar2 mesin mending serahin keahlinya saja yah...........
langkah awal siapkan paking TOP set terlebih dahulu..
lepas karbu,manifol,knalpot,tidk perlu buang oli kalo memang oli masih bagus atau belum lama gantinya,,,,
kemudian lepas teming atas,tutup klep atas bawah dilanjutkan lepas head,,
setelah head terlepas keluarin semua isinya,,, ( templar, noken as,dan klep,,lepas juga seal klep)
buang kerak menggunakan amplas halus dan di kasih bensin sedikit di area ruang bakar jika terlalu tebal gunakan scap dilanjutkan menggunakan amplas..
kemudian skir klep atas maupun bawah menggunakan amril halus...
cuci bersih semuanya menggunakan bensin,, kemuadian pasang seal klep yang baru dilajutkan pasang klep in/ out noken dan templar/ platuk klep..
untuk kubah seber sobat juga bersihkan menggunakan bensin dan amplas ( oh iya seher masih di posisi ga perlu turun atau dilepas)
kemudain sobat pasang head dan pastikan baut2nya kenceng semuanya,,, pasang kembali teming dan keteng tutup teming dan setel klep in out pada posisi TMA ( titik mati atas)..
pasang manifol karbu juga kenalpot,,
hidupkan motor,,,
admin saranin ketika mau menghidupkan motor alangkah baiknya sobat slah/engkol dalam posisi kontak off sebanyak minimal 3 x ,, dengan tujuan agar oli naik terlebih dahulu dan membasahi noken platuk klep dll..
okeh sibat gimana ulasnaya semoga bermanfaat yah,,,,,
No comments:
Post a Comment