ada banyak tahapan saat menyetel klep baik klep bawah atau pun klep atas yaitu:
setingan normal buat harian
- lepas tutup klep atas dan bawah menggunakan kunci khusus pembuka tutup klep
- buka tutup magnet ( bukan bok magnet ya sob ) melainkan berupa baut pendek terletak di tengah2 bok magnet ujung paling luar dan satunya lagi baut titik TOP terletak si samping luar bok magnet
- putar baud magnet kearah kiri atau kedepan ( baud magnet biasanya antara baut 14 dan baut 17 ) menggunakan konci T yah sob,, putar sampe TMA ( Titit Mati Atas ) janagan pernah menyetel klep pada saat TMB ( Titik Mati Bawah ).. TMA di tandai dengan semua part sudah di posisinya (kepala seher sudah ada di depan coba sobat buka busi kemudian masukin obeng kecil, dan baut magnet di gerakin kedepan + belakang beberapa derajat, klep dalam posisi diam atau tidak ikut bergerak )
- jika sudah di pastikan dalam kondisi TMA sobat bisa mulai menyetel klep baik atas maupun bawah,, (menggunakan kunci stelan klep berbentuk L dan konci ring 8 atau 10 )
- kendorin buat 8 atau 10 tadi menggunakan konci ring dan pada bagian atas di tahan menggunakan konci setelan klep
- jika sudah kendor sobat gulir baut setelan klep menggunakan tangan sambil di goyangin kekanan dan kekiri juga atas bawah,, jangan terlalu rapet karena bisa mengakibatkan motor tambah berat, juga jangan terlalu renggang karna akan bunti tak tek saat motor hidup..bisa saja sobat menggunakan spooler hanya kalo admin tidak pernah pake pooler karna repot
- jika sudah dirasa pas sobat kencengin baut 8 / 10 menggunakan konci ring dan bagian atas di tahan jangan sampe bergeser
- tutup kembali baut penutup klep dan baut yang ada di bok magnettadi
- coba di nyalakan
okeh selamat mencoba semoga berhasil lain waktu admin bahas masalah lainya..
No comments:
Post a Comment