gimana kabar semuanya...........
postingan sebelumnya admin sudah kasih bocoran untuk membahas cara mengganti rantai keteng pada motor matik.
Dan pada kesempatan kali ini admin akan membahasnya....
cara mengganti keteng metik tanpa membelah total mesin, dengan cara praktis dan simple tentunya....
memang pada dasarnya keteng pada motor matik ga gampang molor alias kendor di tambah lagi menggunakan stelan tensioner yang otomatis akan muter sendiri ketika rantai kendur dan secara otomatis bilah tensioner didalamnya akan mengikuti seberapa kendornya rantai tersebut...
alhasil keteng selalu sesuai ukuran kekencangan yang di tetapkan.
baik,, admin mulai saja untuk sesi pembahasan nya,,,,
admin anggap sobat sudah paham untuk melepas body plastik yah biar ga terkesan panjang lebar dalam ulasannya nanti....
intinya admin bahas mesin sudah terpisah dari rangka cukup dengan hanya melepas baud sok belakang dan as arm ayun di bawah yang menyambungkan body dengan mesin
postingan sebelumnya admin sudah kasih bocoran untuk membahas cara mengganti rantai keteng pada motor matik.
Dan pada kesempatan kali ini admin akan membahasnya....
cara mengganti keteng metik tanpa membelah total mesin, dengan cara praktis dan simple tentunya....
memang pada dasarnya keteng pada motor matik ga gampang molor alias kendor di tambah lagi menggunakan stelan tensioner yang otomatis akan muter sendiri ketika rantai kendur dan secara otomatis bilah tensioner didalamnya akan mengikuti seberapa kendornya rantai tersebut...
alhasil keteng selalu sesuai ukuran kekencangan yang di tetapkan.
baik,, admin mulai saja untuk sesi pembahasan nya,,,,
admin anggap sobat sudah paham untuk melepas body plastik yah biar ga terkesan panjang lebar dalam ulasannya nanti....
intinya admin bahas mesin sudah terpisah dari rangka cukup dengan hanya melepas baud sok belakang dan as arm ayun di bawah yang menyambungkan body dengan mesin
- buka penutup teming atas,, lepas baud teming
- lepas baut setelan tensioner (menggunakan obeng plus ) kemudian lepas baut tensioner ada dua biasanya konci L
- lepas baud gigi teming atas dan congkel keluarkan teming menggunakan obeng mint yang pipih dan kecil
- lepaskan pin rantai keteng 2 biji menggunakan tracker pemotong rantai yang sudah di mofikasi alias ujung baud pendorong di papas gerinda hingga mengecil seukuran pin rantai keteng
- lepas juga pin rantai keteng yang baru (disamain 2 biji)
- rantai lama dan rantai baru di kaitkan kemudian rantai lama tarik keluar dari mesin,, pada saat menarik sobat perhatikan jangan sampai kebablasan,jika ujung rantai lama sudah kelihatan sobat lepas pengait antara rantai lama dan rantai baru, nah sekarang yang tertinggal pastinya rantai baru di dalam mesin
- pasang pin menggunakan trakher tadi sampai rata atau se ukuran dengan pin yang ada pada sebelah nya..
- masukan teming dan kaitkan rantai di gigi2nya (pastikan dalam keadan TOP pada mesin dan titik TOP pada teming jangan sampai kebalik)
- pasang otomatis tensioner dan pasang juga baut setelan tensioner
- rakit kembali antara rangka dan body mesin
- sudah selesai tinggal di hidupkan
oh iya sobat juga bisa aplikasikan teknik tadi di motor kawasaki 1000,, karna silindernya ada 4,, kan lumayan tuh ngirit waktu..
tidak usah khawatir sambungan nanti lepas,,,, yang penting saat melepas pin dan memasang kan kembali tidak miring, melintir dan pastikan rata pas pemasangan itu bisa dijamin aman,,
masalah awet tidaknya tergantung perawatan ( rajin ganti oli tiap bulanya atau berpatok pada kilo meter )..
yang jelas kerja rantai keteng tidak seberat kerja rantai roda,
dikarenakan rantai keteng bebas air juga bebas debu,,
itu yang menjadikan rantai keteng lebih awet dibanding rantai roda..
selamat mencoba yah semoga berhasil..
tidak usah khawatir sambungan nanti lepas,,,, yang penting saat melepas pin dan memasang kan kembali tidak miring, melintir dan pastikan rata pas pemasangan itu bisa dijamin aman,,
masalah awet tidaknya tergantung perawatan ( rajin ganti oli tiap bulanya atau berpatok pada kilo meter )..
yang jelas kerja rantai keteng tidak seberat kerja rantai roda,
dikarenakan rantai keteng bebas air juga bebas debu,,
itu yang menjadikan rantai keteng lebih awet dibanding rantai roda..
selamat mencoba yah semoga berhasil..
mas.tyo, bisa minta tolong?
ReplyDeleteada suara mengganggu neh di motor matic vario 110 cc, mesin nya jika dipanaskan pada pagi hari, ada suara ganjil seperti motor langsamnya lambat pasti terdengar suara yang tik...tik...tik... tetapi sesudah panas sura ganjil tersebut lama lama hilang, itu trouble nya di mana ya?
sudah jenis injek belum kuda besi sobat...
ReplyDeletesuara tik,tik pada saat mesin kondisi dingin dan ketika sudah panas menghilang itu di pen / pin piston,sebabnya aus(terkikis), terkikis bukan berdasarkan motor baru atau lama . kinerja mesin hanya 60 detik ketika mesin di hidupkan dan aliran oli tidak lancar (terlalu sedikit atau keketanlan nya sudah berkurang ) part akan mengalami gesekan dan aus..
tidak begitu resiko berat sob... asal penggantian oli rutin..
Yang mau kuda kuda besinya balap open order pen strokes piston dll barang racing harga pelajar bisa invite 547DFCA0
ReplyDeleteselamat pagi,, maaf bapak rizky sebaiknya sebelum anda beriklan konfirmasi dulu.,terimakasih.
Deletega bahaya ya kalau di potong seperti itu? takutnya lepas
ReplyDeletesejauh ini aman2 saja, asal pemasangan pen rapih ( tidak melintir,span / tidak terlalu kencang atau longgar agar pen bekerja sebagai mana fungsinya..
DeleteTulisan yang bermanfaat dan menginspirasi, berbagi ulasan tentang perbaikan motor Tutorial tentang Mengganti Rantai Keteng Motor
ReplyDelete