expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

06/09/2015

porting / thunner

siang semuanya sobat ........
siang ini admin bengong jadi admin putuskan untuk menulis artikel....
jika dalm penulisan salah2 huruf maklumin saja ya sob,,,,,,,,,,,
abisnya admin kelamaan di jawa jadi lupa penulisan bahasa2 asing,,,,,,,,,,,,,,,
( tapi memang sejak lahir dijawa sih )

baik kita mulai ulas saja yuk........
di dunia balap baik liar maupun resmi mungkin tidak asing lagi tentang bahasa2 thunner,struke dll
tetapi bagi yang tidak terbiasa mungkin masih awam yah,,,,,
pada dasar nya mengubah motor untuk mendapatkan performa + acklerasi mumpuni sangat beragam cara, baik segi penggantian part-nya atau cara penerapan-nya,,,
yang kali ini admin ulas bukan untuk balap liar atau kejurnas cukup untuk harian saja,,,
mengingat pemakaian hanya untuk harian jadi admin tidak gunakan part2 racing yah..
minimalisan saja,,, iintinya biar sedikit ngirit,,
admin kasih contoh penerapan di motor
  • tiger dan 
  • jupiter z
yang beberapa kali admin lakukan di motor tiger seting-an untuk harian hanya mengganti seher berikut ring,korter tentunya,juga pelebaran pada lubang isep dan lubang buang dengan cara thunner/ porting..
untuk seher admin gunakan seher megapro,, kalo dilihat cc nya memang gede-an tiger,, tapi tak apalah karna admin hanya butuh jenong-nya saja,,barang tentu ring-nya juga gunakan ring mega proo ya broo...
dan untuk porting-an admin hanya menambahkan 2 ml di lubang isap dan 1,3 di lubang buang...
jadi modalnya ga begitu nguras isi dompet...
ini data part yang di butuhkan
  1. piston dan ring megapro ( disesuaikan ukuran)
  2. paking TOP set
  3. seal klep 
  4. pisau thuner
  5. bor tangan listrik
  6. bubuk amril
langkah kerjanya
  • turunkan mesin bongkar dari silinder head ke atas sekalian bongkar juga kop dan isinya di keluar-in
  • korter di bubutan untuk penyesuaian piston yang baru (boleh di coak dikit lagi di jenongan-nya atau di biarin saja ga masalah )
  • lobang klep isap di porting setebal 2ml (tahap awal cukup 1,7 menggunakan pisau thunner kemudian dilanjutkan 0,3 menggunakan amplas sampai benar2 halus)
  • begitu juga di lubang klep buang  di porting setebal 1,3 atau maksimal 1,5 ml boleh di amplas sampai halus boleh juga di biarin tanpa di amplas
  • lubang manifol di porting sesuai dengan lobang isap
  • skir ulang pastikan rapat dan ganti seal klep dengan yang baru  dan pasang semua klep noken dll di kop
  • pasang ring+seher di silinder pada mesin juga kop  jangan lupa paking nya sob
  • naik-an mesin dan tes untuk setelan angin di ulasan admin sebelum nya
simple kan broo ga kegede an modal ga begitu boros juga mantep larinya kalo hanya buat harian mah.........

dan untuk motor jupiter cara kerjanya sama saja,,, tinggal mau pake seher standarnya saja apa pake seher motor lain tinggal di sesuain pen nya saja biar ga ribet karena ini seting harian jadi awet pada pemakaian ga kaya untuk balap yang hanya sekali , dua kali pake langsung bongkar....
tetapi jika pengin rada ada perubahan perform gunakan seher + ring thunder ( susuki ),

sekian dulu broo posting admin semoga berhasil dan bermanfaat yahhh

No comments:

Post a Comment